Sawo Buah Menakjubkan, Mengandung Banyak Manfaat Untuk Kehamilan, Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Sawo Untuk Kehamilan, Kesehatan dan Kecantikan

Kita semua tahu buah yang satu ini, Ya.. ini adalah buah sawo yang mempunyai keunikan bentuk, warna serta serat di dalamnya. Rasanya yang sangat manis ketika sudah matang membuat semua orang suka memakanya tidak terkecuali anak - anak.
Tanaman buah yang satu ini mudah untuk di budidayakan, walaupun hanya punya lahan yang seadanya, sekarang sudah banyak tanaman tabulampot yang banyak di jual di tempat bibit buah. Namun apabila tidak ingin repot - repot ya beli saja di pasar buah hehehe...
Lalu apa saja kandungan di dalam buah yang satu ini yang berguna untuk tubuh kita ??
Berikut ini kandungan zat bagi tubuh yang terdapat di dalam buah sawo :

Bersumber dari penelitian yang telah di lakukan dan volume penelitian berikut ini hasilnya

Kandungan Yang Terdapat Pada Buah Sawo

Sawo yang di teliti sebanyak ( Food Weight) = 100 gr
Buah sawo yang bisa di konsumsi (Bdd / Food Edible) = 79 %

Hasilnya :
  • Kandungan energi buah sawo berjumlah = 93 kkal
  • Kandungan protein buah sawo berjumlah = 0,7 gr
  • Kandungan lemak buah sawo berjumlah = 1,1 gr
  • Kandungan Karbohidrat buah sawo berjumlah = 23,4 gr
  • Kandungan kalsium buah sawo berjumlah = 27 mg
  • Kandungan fosfor buah sawo berjumlah = 13 mg
  • Kandungan zat besi buah sawo berjumlah = 1 mg
  • Kandungan vitamin A buah sawo berjumlah = 60 UI
  • Kandungan vitamin B1 buah sawo berjumlah = 0,01 mg
  • Kandungan vitamin C buah sawo berjumlah = 23 mg
Setelah melihat hasinya ternyata banyak sekali kandungan yang bermanfaat untuk tubuh kita dari buah sawo tersebut, dengan harga yang sangat terjangkau di pasaran kita bisa mendapatkan manfaat dari mengkonsumsi buah yang satu ini.
Selain kita tahu kandungan zat di dalamnya, kita juga perlu tahu berbagai macam varian buah sawo, karena buah yang satu ini mempunyai berbagai macam varian dalam bentuknya. Berikut ini varian buah sawo dalam kehidupan kita :

  1. Sawo Manila, jenis varian sawo yang satu ini sangat populer terutama di Asia Tenggara. Bentuknya yang lonjong, mengandung banyak air di dalamnya serta mempunyai daging yang cukup tebal. 
  2. Sawo mentega, jenis varian sawo yang kedua ini berbeda dengan Sawo Manila, bentuk buahnya bulat, warna yang di milikinya hijau mengkilap, bentuk bulatnya seperti telut terbalik serta memanjang, namun rasanya sangat manis.
  3. Sawo duren, varian yang terakhir ini mungkin sawo yang percuma kalo kita menanamnya, karena sawo yang satu ini diantaranya tidak bisa di makan seperti varian yang lainya, selain itu sawo yang satu ini banyak mengandung lateks, bentuknya bulat hampir seperti telur, serta mempunyai kulit buah yang mengkilap serta licin. 
Setelah mengetahui kandungan dan jenis variannya, untuk selanjutnya mari kita bahas manfaat yang terdapat pada buah sawo yang satu ini. Banyak sekali manfaat yang terdapat pada buah yang satu ini untuk kesehatan tubuh kita diantaranya untuk kesehatan ibu hamil.

Manfaat Sawo Untuk Kesehatan Wanita Hamil

  • Untuk ibu hamil muda biasanya mengalami berbagai macam gangguan kehamilan, diantaranya mengalami rasa mual dan muntah - muntah, terjadinya perut kembung saat kehamilanya dan lain sebagainya. Hal tersebut mungkin bisa diatasi diantaranya dengan mengkonsumsi buah sawo, hal ini di karenakan pada buah yang satu ini mengandung banyak vitamin B, fungsi dari vitamin B tersebut diantaranya untuk mengurangi rasa mual dan muntah saat kehamilan.
  • Selain untuk mengatasi rasa mual dan muntah, buah sawo juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil, hal ini di karenakan buah yang satu ini mengandung banyak vitamin C. Fungsi vitamin C tersebut untuk meningktakan daya tahan tubuh ibu hamil sehingga di harapakan sang ibu hamil tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.
  • Manfaat yang lainya untuk ibu hamil, buah sawo mengandung banyak serat yang cukup tinggi, fungsi dari serat tersebut ialah untuk melancarkan pencernaan ibu hamil serta dapat mencegah terjadinya sembelit yang sering di alami oelh wanita hamil. 
Untuk bisa mendaptakan hasilnya dan manfaatnya alangkah baiknya juga memperhatikan mengkonsumsinya buah yang satu ini, sebaiknya di konsumsi secukupnya saja untuk mendapatkan hasil dan manfaatnya untuk kesehatan sang ibu dan janin dalam kandunganya.

Selain mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan wanita hamil buah sawo ini juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, apa saja manfaat yang terdapat pada buah sawo ini ?? Berikut ini manfaat buah sawo untuk kesehatan dan kecantikan :

Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah Sawo Dapat Mempercantik Kulit

Mempunyai kulit yang sehat dan bercahaya sangat di dambakan oleh semua orang, mengkonsumsi buah sawo ini mungkin salah satu usaha untuk mendapatkan kulit sehat bercahaya. Hal ini di karenakan pada buah sawo banyak mengandung vitamin E yang salah satu fungsinya untuk mencegah penuaan dini dan terjadinya keriput pada kulit.

Buah Sawo Untuk Kesehatan Mata

Kita semua tahu untuk kesehatan mata di butuhkan banyak asupan vitamin A untuk mata kita, selain wortel dan lainya ternyata buah sawo juga banyak mempunyai kandungan vitamin A. Maka dari itu sangat baik mengkonsumsi buah sawo untuk kesehatan mata kita.

Buah Sawo Dapat Memperlancar Pencernaan

Sudah kita bahas pada manfaat sawo untuk ibu hamil di atas, bahwa buah sawo banyak sekali mengandung serat dan fungsinya untuk memperlancar pencernaan, selain itu juga pada buah sawo terdapat zat apa yang dinamakan dengan inflamasi dan fungsi zat tersebut adalah untuk melancarkan pencernaan di dalam usus kita. Selain buah sawo juga banyak sekali buah yang berguna untuk pencernaan kita diantarnya buah pepaya dan lainya.

Buah Sawo Bisa Untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Hasil penelitian bahwa buah sawo mengandung banyak kalsium dan fosfor, untuk menjaga kesehatan tulang kita perlu memperhatikan asupan kalsium dan fosfor ke dalam tubuh kita. Hal ini di karenakan tulang kita sangat membutuhkan asupan kalsium dan fosfor untuk kesehatanya.

Buah Sawo Dapat Mencegah Infeksi

Terdapatnya vitamin A dan Vitamin C pada buah sawo sangat berguna untuk pencegahan infeksi, salah satu fungsi vitamin A untuk tubuh kita adalah dapat menjaga kesehatan kulit dan selaput lendir. Sedangkan vitamin C yang terdapat pada buah sawo ini mampu menangkal serangan radikal bebas serta berfungsi untuk mencegah terjadinya infeksi.

Buah Sawo Untuk Mengobati Radang Mulut

Selain buahnya yang manis, ternyata manfaat yang lainya adalah untuk mengobati radang mulut. Namun pada kali ini bukan buahnya yang berfungsi untuk mengobati radang mulut, namun daunya yang bermanfaat. Untuk mengobati radang mulut rebuslah beberapa lembar daun sawo setelah di bersihkan kemudian dinginkan dan di buat untuk kumur - kumur airnya.

Buah Sawo Dapat Mengobati Disentri

Sawo yang sudah matang sangat enak di konsumsi, rasanya yang manis membuat kita ketagihan untuk mengkonsumsinya. Tahukan anda, bahwa sawo yang masih muda atau bisa di bilang pentil juga mempunyai manfaat yang tidak kalah penting untuk kesehatan tubuh kita. Manfaatnya diantaranya adalah untuk mengobati ketika anda mengalami disentri. Caranya : ambil buah sawo yang masih pentil atau masih muda kemudian haluskan, lalu campurkan garam secukupnya konsumsilah dua kali sehari pagi dan menjelang tidur malam.

Buah Sawo Dapat Mengobati Diare

Manfaat yang lainya dari buah sawo adalah dapat mengobati diare, hal ini sudah saya alami sendiri. cara mengobatinya adalah sama dengan mengobati disentri ambil buah sawo yang masih muda kemudian di haluskan, tambahkan sedikit air matang kemudian diperas dan konsumsilah pada waktu pagi dan menjelang tidur malam. Cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan mengambil sekitar 15-16 tetes getah sawo yang muda kemudian seduh dengan setengah gelas air panas, dinginkan dan minum sekaligus setelah dingin.

Demikian manfaat buah sawo untuk kesehatan dan kecantikan, dengan mengetahui banyak manfaat yang terdapat pada buah sawo mungkin kita tidak ragu lagi untuk mengkonsumsi buah yang satu ini.

Selain itu baca juga : cara diet dengan bahan alami !!!

Selain banyak menfaat yang terkandung dari buah sawo dan manfaat yang terkandung dari bagian lainya, berikut ini manfaat yang terdapat pada daun, getah serta kulit sawo. Berikut ini manfaatnya :

Manfaat Daun, Getah Serta Kulit Sawo

  1. Buah sawo sangat banyak sekali manfaatnya, namun perlu anda ketahui juga ternyata daun, getah serta kulitnya juga mengandung banyak manfaat untuk kita semua.
  2. Daun sawo berguna diantaranya sudah kita bahas diatas yaitu untuk mengobati radang yang terjadi pada mulut kita. Getah sawo atau sering di sebut juga lateks ini berguna untuk menambal gigi yang berlubang.
  3. Yang terakhir kulitnya, kulit sawo berguna untuk menyembuhkan diare, hal ini di karenakan pada kuilit sawo mengandung tannin dan salah satu fungsinya adalah untuk mencegah diare. 
Demikian pembahasan mengenai manfaat dan ruang lingkup mengenai tanaman buah sawo, setelah mengetahui manfaatnya mudah - mudahan mendapatkan juga dari manfaatnya mengkonsumsi buah sawo. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sawo Buah Menakjubkan, Mengandung Banyak Manfaat Untuk Kehamilan, Kesehatan dan Kecantikan"

Posting Komentar

Komentar dan opini yang diberikan pengunjung tidak mewakili situs ini. Perdebatan tidak diperbolehkan, berikanlah komentar yang cerdas untuk membangun blog ini, terima kasih.